Datuk Hitam (Cerita Humor Rakyat Melayu)



Buku cetakan tahun 2006 ini merupakan Nominator Khatulistiwa Literary Award 2007 Kategori Penulis Muda Berbakat. Khatulistiwa Literary Award adalah ajang penghargaan Bidang Sastra di Jakarta.








Sekalipun tokoh dalam buku ini mengambil nama Datuk Hitam, tapi kepribadian Bahrillah yang menurut saya tampak menonjol dari tokoh yang bernama Datuk Hitam ini. Tokoh Datuk Hitam adalah tokoh yang berkarakter cerdas, jenaka dan agak nakal, penuh semangat, dan semuanya diarahkan dalam kerangka menjalankan tugas sebagai manusia yang harus berbuat baik.

(Fuad Nashori, Psi. MSi., Ketua Umum PP
Asosiasi Psikologi Islami Indonesia)




Buku ini saya susun pada akhir tahun 2005, ketika semua orang masih menganggap saya gila, termasuk istri, orang tua, dan teman-teman dekat. Pada waktu itu, hanya segelintir orang terdekat yang mendampingi saya, yaitu guru-guru saya di Jogja yang terus memberi semangat melalui email dan sms. Saya masih merasa sangat kecewa, sedih, kesepian, gundah, dan mulai depresi menjalani label atau stigma skizofrenia. Ditambah lagi efek samping dari Terapi Psikofarmakologi yang cukup menyakitkan tubuh-dan pikiran.

Lalu, saya berpikir untuk menghibur diri sendiri dan akhirnya lahirlah tokoh Datuk Hitam sebagai teman tertawa untuk saya dalam masa kesedihan dan kesepian itu. Saya harap pembaca bisa terhibur dengan cerita-cerita Datuk Hitam sebagaimana kegembiraan yang dia berikan kepada saya selama ini.


(Bahril Hidayat, Penulis)


Buku Datuk Hitam terbitan baru (Penerbit Media Grafika Utama, Yogyakarta, 2009) merupakan perbaikan dan penambahan cerita dari buku Datuk Hitam terbitan tahun 2006. Buku ini bisa diperoleh pada awal bulan Maret 2009 di toko buku Gramedia, Toga Mas, Toko Gunung Agung, dll, di seluruh Indonesia.

Keterangan Buku:
Judul : Datuk Hitam
Penulis : Bahril Hidayat
Tebal : xxiv + 192 halaman.
Ukuran : 12 x 20 cm.
Harga : Rp 32.500


Buku cetakan terbaru ini dilengkapi dua makalah Bedah Buku Datuk Hitam di Yogyakarta yang disampaikan oleh H. Fuad Nashori Psi, Msi.


Berikut komentar dan cover buku Datuk Hitam cetakan bulan Febuari tahun 2009.

Tak dapat dipungkiri lagi, melalui buku ini, Bahril Hidayat kembali mengungkapkan tentang bagaimana melalui wacana yang dihidangkan secara jenaka, orang-orang Melayu menyatakan sikap--sehingga antara kasih dengan amarah misalnya, seperti tidak bersempadan--diperlukan mata hati yang tajam untuk menelusuri kedua situasi rasa tersebut. Saya rasa, cara seperti inilah yang sempat lama menghilang sebagai suatu genre penceritaan Melayu sebagaimana pernah diperlihatkan dengan gemilang oleh Soeman Hs--si pelopor cerita pendek asal Riau, bahkan pernah disebut sebagai ciri khas orang Melayu oleh peneliti kolonial. pada abad-abad lampau. Tentu, ada sebabnya mengapa situasi bercerita jenaka tersebut menghilang lama, tetapi pastilah melalui buku ini Bahril dan beberapa penulis di Riau sekarang, mencoba kembali ke salah satu tanda jati diri. Ya, kembali...


(Taufik Ikram Jamil, Sastrawan dan Budayawan Riau)




Cover depan (klik untuk memperbesar):







1 komentar:

Anonim mengatakan...

buku ny ada di jual di tokok buku Gramedia gak ya______?


Pembelian Buku dan Produk Lainnya Melalui Bahril Hidayat

Pembelian buku dan produk lainnya melalui Bahril Hidayat dapat dilakukan melalui email dan telepon ke ponselnya pada nomor 081918608195. Silakan menghubungi via email, sms, atau telepon untuk memastikan apakah buku yang dipesan masih ada atau tidak. Ongkos kirim disesuaikan dengan kota asal pembeli dari alamat suratnya (Yogyakarta). Untuk pembeli di wilayah Yogyakarta dapat membeli dan mengambil langsung ke alamat suratnya (lihat alamat penulis selama studi S2). Pembelian melalui Bahril Hidayat dibayarkan melalui rekening Bank Mandiri dan BCA.



Untuk lebih jelasnya, langkah-langkah pembelian buku dan produk lainnya melalui Bahril Hidayat silakan klik dan buka Datuk Hitam Online dan bacalah bagian Pemesanan Buku Melalui DH Online.